Pendahuluan Python

Apa itu python?

Apa itu Python?

Python adalah salah satu bahasa pemrograman populer yang dibuat oleh programmer komputer asal Belanda Guido van Rossum dan dirilis untuk pertama kali pada tahun 1991.

Sampai saat ini bahasa pemrograman python masih tetap dikembangkan dengan versi terbaru ketika materi ini dibuat yaitu 3.12.

Python sendiri merupakan bahasa pemrograman multiguna penggunaannya antara lain untuk:

  1. Web Development
  2. Software Development
  3. Matematika atau Numerik
  4. Sistem Scripting

Kenapa Mempelajari Python?

Python merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari karena memiliki sintaks yang simpel. Bahkan pemula yang belum pernah mempelajari koding sekalipun tidak akan terlalu kesulitan untuk mulai mempelajari python.

Python juga bisa dijalankan di berbagai sistem operasi baik di Windows, Mac maupun Linux. Selain itu, bahasa pemrograman ini memiliki komunitas yang besar, sehingga ketika memiliki masalah atau eror dapat dengan mudah menemukan solusinya.

Bonus Pengetahuan

Terdapat dua versi python secara umum, yaitu python versi 2 dan python versi 3. Tetapi untuk python versi 2 sudah tidak ada lagi update terbarunya sejak tahun 2010.

Sintaks python bisa dituliskan langsung melalui Shell, Text Editor, Integrated Development Environment (IDE) maupun Jupyter Notebook.

Bahkan kamu juga bisa menuliskan dan menjalankan python secara online di browser melalui Google Collab atau Jupyter Notebook.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post