Apa itu Git

apa itu git

Git adalah tool yang biasa digunakan oleh pengembang software. Para programmer biasanya diwajibkan memahami git untuk melakukan tracking proyek kolaborasi.

Di series ini kita akan coba belajar git dasar. Series ini diawali dengan pengenalan GIT, mari kita mulai simak.

Pengenalan GIT

Git adalah salah satu distributed version control system berbasis open source dan gratis untuk digunakan baik dalam menangani proyek kecil hingga proyek besar dengan cepat dan efisien.

Version control berfungsi sebagai pencatat setiap perubahan yang terjadi pada file proyek yang sedang dikerjakan baik sendiri maupun kelompok.

Apa yang Sebenarnya Terjadi dengan GIT?

Git pada dasarnya memantau semua perubahan yang terjadi di file proyek kita. Misalkan kita membuat file proyek `proyek_1.docx` lalu menyimpannya.

Keesokannya, di file `proyek_1.docx` ternyata perlu melakukan perubahan (revisi), lalu kita menyimpan ulang menggunakan save as dengan nama file `proyek_1_revisi_1.docx`.

Nah, kemudian di file terbaru tadi, ternyata perlu menambahkan lagi revisi dst hingga file final. Maka kita bisa ilustrasikan seperti brikut.

Tampak bahwa perubahan yang terjadi terekam semuanya.

Sedangkan jika menggunakan Git, tidak perlu lagi membuat nama file berbeda-beda karena Git sudah bisa merekam semua perubahan tersebut walaupun nama file nya sama. Sehingga file yang terdapat di proyek menjadi lebih rapi.

Kerennya lagi, dengan Git memungkinkan kita untuk kembali ke versi revisi yang kita inginkan. Oleh karena itulah kenapa Git menjadi penting bagi para programmer untuk tracking perubahan source code nya.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post