Membandingkan Revisi dengan Git Diff

Membandingkan Revisi dengan Git Diff

Di materi sekarang kita akan belajar cara membandingkan revisi dengan git diff. Setelah sebelumnya kita sudah belajar cara melihat catatan perubahan dengan git log, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara melihat isi yang berubahnya.

Mengetahui cara membandingkan revisi perubahan yang terjadi di repositori akan sangat dibutuhkan ketika kita sudah membuat banyak perubahan dan ingin melihat kembali apa yang pernah diubah sebelumnya.

Dalam kasus ini, git sudah pintar karena bisa menampilkan perbedaan yang terjadi baik itu di tingkat repositori ataupun di dalam filenya. Cara untuk membandingkan revisi perubahan di repo bisa dengan perintah git diff.

Melihat Perbandingan Perubahan pada Revisi/Commit Tertentu

Jika kamu perlu melihat perbandingan perubahan pada revisi atau commit tertentu, maka bisa gunakan perintah git diff commit_hash. Di materi sebelumnya, kita punya commit hash terakhir 735905e. Mari kita coba lihat perbandingan perubahan pada commit tersebut.

Contoh :

git diff 735905e

Output :

diff --git a/catatan.txt b/catatan.txt
index 2027e6b..e27f6bb 100644
--- a/catatan.txt
+++ b/catatan.txt
@@ -1 +1,2 @@
-Ini catatan belajar git di tomipedia.com
\ No newline at end of file
+Ini catatan belajar git di tomipedia.com
+Belajar git dasar di tomipedia sangat menyenangkan
\ No newline at end of file

Dapat kita lihat terdapat baris dengan diawali simbol - dengan barisnya berwarna merah berarti terdapat isi file yang dihapus dan + barisnya berwarna hijau berarti ada isi file yang ditambahkan.

Melihat Perbandingan Perubahan pada File

Dalam kasus di atas, jika kita memiliki banyak file project dan membuat banyak perubahan di dalamnya tetapi melakukan commit sekali untuk semua perubahan di beberapa file tersebut.

Maka saat kita melakukan cara yang sama seperti sebelumnya akan tampil banyak perubahan. Padahal mungkin kita hanya ingin melihat perbandingan perubahan pada file tertentu saja.

Cara mudah untuk melihat perbandingan perubahan di file tertentu saja dengan git cukup gunakan perintah git diff nama_file.

Contoh:

git diff catatan.txt

Maka perintah tersebut hanya akan melihat perbedaan perubahan di file spesifik catatan.txt saja.

Melihat Perbandingan Perubahan antar Revisi/Commit

Terkadang dalam suatu kasus mungkin kita ingin membandingkan perubahan antar revisi atau commit. Untungnya, git sudah bisa melakukan hal tersebut. Caranya dengan melakukan perintah git diff commit_hash1 commit_hash2.

Contoh:

git diff 735905e 9b4684b

Melihat Perbandingan antar Cabang/Branch

Dalam materi-materi sebelumnya memang kita belum pernah sama sekali belajar tentang percabangan atau branch. Tapi mari kita ketahui sekilas tentang hal ini.

Dalam proses pengerjaan project biasanya terdapat banyak tim yang terlibat untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu misalnya terdapat fitur1, fitur2, dst. Untuk project yang sama tetapi banyak tim yang mengerjakan maka biasanya akan memanfaatkan percabangan atau branch.

Terkadang sebagai tim kita ingin melihat perbandingan perubahan di branch tempat kita bekerja dengan branch main misalnya. Maka untuk dapat melakukannya kita bisa gunakan perintah git diff branch1 branch2.

Contoh:

git diff main fitur1
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post