SQL Comments

Komentar SQL

SQL comments atau komentar sql merupakan sintaks dalam bahasa query yang tidak dieksekusi. Biasanya komentar sql ini digunakan untuk menjelaskan beberapa bagian dari sql statements tetapi tidak diharapkan untuk dieksekusi.

Terdapat dua jenis komentar sql, antara lain single-line comments dan multi-line comments. Mari kita pelajari lebih lanjut keduanya.

Single-line comments

Sesuai dengan namanya, single-line comments berarti komentar sql yang hanya pada satu baris saja. Sehingga satu baris tertentu yang mengandung single-line comments akan diabaikan dari proses eksekusi query.

Komentar satu baris ini diawali dengan double dash --. Jadi setiap baris yang diawali dengan strip dua kali tidak akan pernah dieksekusi.

Contoh:

-- Ini adalah contoh single-line comments
SELECT * FROM product;

Dari contoh di atas, baris pertama sebelum sql select statement merupakan contoh komentar satu baris dalam sql.

Atau contoh lain seperti berikut.

CREATE TABLE IF NOT EXISTS product(
    ID bigint PRIMARY KEY,
    ProductName varchar,
    Status varchar, --draft, published
    Total integer
);

Pada contoh di atas merupakan sintaks sql untuk membuat tabel, tampak bahwa baris ke-empat terdapat --draft,published.

Itu merupakan contoh komentar satu baris yang mana sintaks sebelumnya akan tetap dijalankan, tetapi karena terdapat double dash, maka apapun karakter setelahnya di baris tersebut akan diabaikan dari proses eksekusi.

Multi-line comments

Sekarang apa itu multi-line comments atau komentar multi baris? Artinya terdapat lebih dari satu baris bersamaan tidak perlu dieksekusi (diabaikan) saat proses query.

Sintaks komentar multi baris diawali dengan /* dan diakhiri dengan */. Sehingga apapun yang berada di antaranya meskipun itu lebih dari satu baris tidak akan pernah dieksekusi.

Contoh:

/* Ini adalah statement
select untuk mendapatkan data
dari tabel product */

SELECT * FROM product

Berdasarkan contoh di atas, tiga baris pertama terdapat kalimat yang berada di antara /* dan */. Maka itu merupakan komentar multi baris, sehingga ketika keseluruhan sintaks dieksekusi, tiga baris pertama akan diabaikan.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post