Variabel Python

Cara membuat variabel di python

Variabel merupakan konsep dalam matematika aljabar yang diterapkan dalam bahasa pemrograman. Bahkan dapat dikatakan bahwa di seluruh bahasa pemrograman pastinya terdapat variabel, meskipun dalam aturan penulisan sintaks untuk membuat variabel mungkin saja terdapat perbedaan.

Cara membuat variabel di python tentu saja sangat sederhana dan mudah. Di materi ini akan kita pelajari lebih dalam beberapa cara membuat variabel dengan bahasa pemrograman python.

Membuat variabel

Cara paling sederhana membuat variabel di python yaitu dengan melakukan operator assignment, yaitu menetapkan suatu nilai pada nama variabel.

Contoh

a = 10
b = "python"

Dalam contoh di atas, a merupakan nama variabel di mana nilainya 10, begitu juga b adalah nama variabel yang diberi nilai berupa string python.

Casting

Cara berikutnya untuk membuat variabel di python yaitu dengan sintaks casting. Casting merupakan cara untuk mengubah tipe data yang kompatibel. Mengenai tipe data tidak perlu bingung dulu, di materi berikutnya akan kita bahas lebih lanjut terkait dengan itu.

Namun untuk memahami materi sekarang, mari kita perkenalkan dua buah tipe data yang paling umum dalam bahasa pemrograman. Pertama, tipe number atau bilangan (..., -1, 0, 1, ...) termasuk juga bilangan desimal. Kedua, string atau karakter baik itu huruf, tanda baca, dll.

Dalam hal ini terdapat irisan, di mana bilangan bisa saja termasuk string. Namun huruf, tanda baca, dan selain bilangan itu tidak mungkin tipe number atau bilangan. Oleh karena itu di awal dikatakan bahwa casting bisa untuk mengubah tipe data tapi yang kompatibel.

Contoh

x = 5 # ini tipe number
y = "5" # ini tipe string

Pada contoh di atas, x dan y berbeda meskipun sepintas sama-sama lima. Keduanya bisa saja dibuat sama baik itu menjadi tipe bilangan semua atau string semua dengan sintaks casting.

Contoh

x_diubah = str(5) # ini tipe string
y_diubah = int("5") # ini tipe number

str(...) merupakan sintaks untuk melakukan casting sesuatu menjadi tipe string, sedangkan int(...) merupakan sintaks untuk melakukan casting menjadi tipe bilangan bulat.

Bagaimana contoh yang tidak kompatibel?

Misalkan karakter non-number dicasting menjadi number, maka tidak kompatibel. Alih-alih melakukan casting, justru python akan mengembalikan pesan error.

Contoh salah

s = int("python")

Type

Cara lain untuk membuat variabel di python yaitu membuat variabel berupa tipe data. Caranya cukup mudah yaitu dengan sintaks type(...).

Contoh

tipe_data1 = type(5)
tipe_data2 = type("5")

Dari contoh di atas, variabel tipe_data1 akan bernilai <class 'int'>, sedangkan tipe_data2 akan bernilai <class 'str'>

Single dan Double Quotes

Di contoh-contoh sebelumnya sudah kita kenal tipe string. Jika kamu jeli, tipe ini memiliki ciri diapit oleh tanda kutip dua (double quotes). Tapi kamu juga bisa membuat string hanya dengan mengapit menggunakan tanda petik satu (single quote).

Contoh

a = 'python'
b = "python"

Dari contoh di atas, keduanya sama-sama membuat variabel bernilai string python. Adapun yang perlu diingat adalah kamu harus konsisten (jangan menggabungkan keduanya) dan berhati-hati menggunakannya. Jika salah, maka akan menyebabkan kode program error. Lebih lengkap terkait hal ini akan kita pelajari di materi selanjutnya ya.

Case-Sensitive

Di materi sebelumnya kita telah menyinggung tentang case sensitivity. Nah, perlu diingat nih dalam membuat variabel di python juga case sensitive ya. Misalkan nama variabel x dan X, maka python akan menganggap itu dua variabel yang berbeda.

Contoh

x = 5
X = "5"
print(type(x))
print(type(X))

Output:

<class 'int'>

<class 'str'>

Camel Case

Camel case merupakan salah satu cara membuat variabel di mana huruf pertama setiap kata kecuali di kata pertama akan diawali dengan huruf kapital. Sesuai dengan istilahnya Camel berarti unta, hal ini karena style membuat variabelnya yang tampak seperti punuk unta.

Contoh

namaVariabelSatu = "Satu"

Pascal Case

Hampir mirip dengan camel case, bedanya style membuat variabel dengan pascal case semua huruf pertama di tiap kata diawali dengan huruf kapital.

Contoh

NamaVariabelDua = "Dua"

Snake Case

Jika di dua style sebelumnya menggunakan pembeda berupa huruf pertama setiap kata dibuat kapital, snake case justru menggunakan semua huruf kecil untuk membuat variabel. Di mana jika mengandung lebih dari satu kata, maka tiap kata dipisahkan dengan karakter underscore "_".

Contoh

nama_variabel_tiga = "Tiga"

Ketiga style membuat variabel di atas bisa kamu gunakan di python untuk deklarasi variabel. Tetapi, kebanyakan programmer python biasanya menggunakan style snake case dalam deklarasi variabel. Salah satu alasan menggunakan snake case karena lebih readable.

Many Values to Multiple Variables

Salah satu yang disukai programmer python dalam membuat variabel yaitu many values to multiple variables. Di mana dalam satu baris kode, kita bisa mendefinisikan banyak variabel dengan banyak nilai pula.

Contoh

a, b, c = "variabel a", "variabel b", "variabel c"
print(a)
print(b)
print(c)

Output:

variabel a

variabel b

variabel c

One Value to Multiple Variables

Selain itu, di python kita juga bisa mendeklarasikan one value to multiple variables loh. Jadi misalkan kita punya nama variabel yang banyak tapi nilainya sama untuk ketiganya, maka kamu bisa melakukan dengan cara ini.

Contoh

a, b, c = "variabel"
print(a)
print(b)
print(c)

Output:

variabel

variabel

variabel

Unpack a Collection

Cara lain dalam membuat variabel di python yang bisa dikatakan keren sekali yakni unpack a collection. Di mana apabila kita mempunyai kumpulan nilai dalam bentuk list ataupun tuple, python mengizinkan ekstraksi collection tersebut ke variabel-variabel. Oleh karena itu, cara ini disebut dengan unpacking.

Contoh

a, b, c = ["nilai a", "nilai b", "nilai c"]
print(a)
print(b)
print(c)

Output:

nilai a

nilai b

nilai c

Output variables

Salah satu cara untuk melihat isi atau hasil variabel bisa dilakukan dengan output variables. Output variabel ini bisa menggunakan fungsi print().

Contoh

x = "Python keren sekali"
print(x)

Output: Python keren sekali

Jika kamu hendak menghasilkan variabel dari banyak variabel, maka tinggal pisahkan satu sama lain dengan karakter koma.

Contoh

x = "Belajar python"
y = "asik"
z = "sekali"
print(x, y, z)

Output: Belajar python asik sekali

Selain itu, untuk menghasilkan multiple output bisa juga dengan menggunakan operator jumlah +. Tapi perlu diperhatikan tipe datanya ya, karena ini rentan error.

Contoh benar

x = "Belajar python "
y = "asik "
z = "sekali"
print(x + y + z)

Output: Belajar python asik sekali

Contoh benar

x = 5
y = 10
print(x + y)

Output: 15

Contoh salah

x = "Belajar python"
y = 3
z = "kali sehari"
print(x + y + z)

Output:

TypeError: unsupported operand type(s) for +: 'int' and 'str'

Global variables

Global variabel merupakan variabel yang dibuat di luar suatu fungsi python. Sehingga nilainya akan sama di manapun mengaksesnya, baik itu di dalam fungsi maupun di luar fungsi.

Contoh

x = "keren sekali"
def fungsi_keren():
    print("Python " + x)
fungsi_keren()

Output: Python keren sekali

Sekarang mari kita banding dengan nama variabel yang sama tetapi yang satu didefiniskan di luar fungsi, yang kedua di dalam fungsi.

Contoh

x = "keren sekali"
def fungsi_gokil():
    x = "gokil"
    print("Python " + x)
fungsi_gokil()
print("Python " + x)

Output:

Python gokil

Python keren sekali

Global Keyword

Jika sebelumnya tampak bahwa variabel dengan nama yang sama apabila yang satu berada di dalam suatu fungsi, maka variabel tersebut hanya berlaku di fungsi itu saja, tidak bisa diakses dari luar fungsi. Hal tersebut sering disebut sebagai local variable.

Bagaimana cara agar lokal variabel bisa dijadikan global variabel?

Caranya dengan menggunakan global keyword.

Contoh

def fungsi_gokil():
    global x
    x = "gokil"
fungsi_gokil()
print("Python " + x)

Output: Python gokil

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post