Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Artificial Intelligence

Saat ini penerapan artificial intelligence dalam kehidupan sehari-hari sudah banyak kita temui. Namun tak sedikit orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang atau pernah menggunakan AI di kehidupan sehari-harinya.

Teknologi AI memang dipercaya akan banyak membantu umat manusia di masa depan. Hal ini tentu masuk akal karena keberadaannya saat ini pun sudah memberikan dampak yang luar biasa. Mulai dari meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan dalam berbagai aspek kehidupan, dll.

Dalam series artikel ini, Saya akan mencoba untuk menunjukkan beberapa contoh penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari kita.

1. Asisten Virtual

Contoh penerapan artificial intelligence pertama yaitu dalam bidang asisten virtual. Jika Anda pernah menggunakan Google Assistant untuk melakukan browsing atau menyuruhnya untuk memainakan musik di Spotify, maka berarti Anda telah menggunakan AI di kehidupan sehari-hari.

Atau jika Anda pengguna produk Apple dan pernah menggunakan asisten virtual Siri, maka artinya Anda juga telah memanfaatkan AI dalam kehidupan sehari-hari.

Asisten virtual seperti Siri dan Google Assistant adalah contoh nyata dari kecerdasan buatan yang membantu kita dalam tugas sehari-hari.

Mereka tidak hanya dapat menjawab pertanyaan, tetapi juga menjalankan perintah suara, membuatkan catatan, hingga membuatkan penjadwalan untuk penggunanya.

2. Pengenalan Wajah

Contoh artificial intelligence dalam kehidupan sehari-hari yang juga mungkin tidak pernah disadari yaitu pengenalan wajah (face recognition). Teknologi AI yang satu ini sudah sangat populer di kalangan para pengembang pengenalan pola citra.

Bahkan hampir setiap ponsel pintar saat ini sudah menerapkan sistem pengenalan wajah untuk membuka kunci ponselnya.

Teknologi pengenalan wajah yang digunakan dalam ponsel pintar dan sistem keamanan lain pada dasarnya menggunakan algoritma AI untuk mengidentifikasi dan mengautentikasi individu berdasarkan fitur wajah unik mereka.

Bahkan belakangan tersebar video presensi di suatu instansi pendidikan yang menggunakan teknologi AI pengenalan wajah untuk mencegah istilah titip absen.

3. Sistem Rekomendasi

Apakah Anda termasuk pengguna Netflix, Spotify, YouTube, Facebook dan Instagram? Jika iya, maka Saya yakin Anda pernah menyadari bahwa setiap konten yang lewat di halaman beranda pasti sesuai dengan minat.

Hal ini dikarenakan platform tersebut menerapkan teknologi artificial intelligence untuk sistem rekomendasi user. Mereka mengumpulkan data mengenai pola perilaku pengguna yang lebih personal di aplikasinya.

Lalu mereka melakukan analisis terhadap pola data tersebut dengan memanfaatkan AI yang mereka kembangkan, sehingga dapat membantu kita menemukan konten atau musik yang sesuai dengan preferensi kita.

4. Translator

Contoh penerapan artificial intelligence dalam kehidupan sehari-hari berikutnya yaitu mesin translator atau penerjemah. Terdapat banyak mesin translator populer, seperti Google Translate, DeepL, dll.

Jika Anda pernah menggunakan aplikasi penerjemah apapun, maka pada dasarnya Anda sudah dipastikan menerapkan AI di kehidupan sehari-hari.

Hal ini karena setiap mesin translator menggunakan sistem bernama Machine Translation yang dilatih terhadap data berbagai bahasa. Sehingga dapat menterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya.  

5. Sistem Autopilot

Salah satu contoh artificial intelligence di kehidupan sehari-hari khususnya industri otomotif yaitu pengembangan mobil yang menggunakan autopilot. Atau jika dalam industri penerbangan, kita kenal dengan sistem autopilot pada pesawat.

Adapun inti dari semua itu yakni sistem yang dapat mengendalikan mobil atau pesawat secara otomatis oleh AI. Namun, tentu saja tidak hanya AI yang berperan dalam sistem autopilot, melainkan ada sensor, kamera, dll.

Dalam hal ini, artificial intelligence berperan sebagai algoritma cerdas untuk mengidentifikasi rute, rintangan, dll berdasarkan data yang dikumpulkan oleh komponen lain yang disebutkan tadi.

6. Spam Email

Contoh penerapan artificial intelligence yang mungkin tidak pernah Anda sadari yaitu klasifikasi spam email. Fitur yang terdapat di akun gmail ini merupakan contoh penerapan AI yang pastinya sering Anda gunakan bahkan secara default.

Walaupun Anda tidak pernah melakukan setting spam, tetapi jika ada email masuk, sistem gmail bisa mengidentifikasi dini apakah pesan tersebut termasuk spam atau bukan.

Hal ini karena AI pada sistem spam gmail telah dilatih terhadap contoh email yang dilaporkan sebagai spam, sehingga ketika terdeteksi mirip akan dikelompokkan sebagai email spam.

Tentu saja ini sangat berguna bagi pengguna untuk mencegah tindakan yang tidak diinginkan yang dapat merugikan user gmail.

7. Chatbot

Anda mungkin pernah menggunakan aplikasi belanja online seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Gojek, MyTelkomsel, dll. Ketika Anda hendak mengajukan komplain, maka aplikasi akan mengarahkan ke fitur chat.

Nah, di sinilah contoh artificial intelligence chatbot berperan untuk meningkatkan layanan pelanggan. Chatbot dapat memberikan jawaban yang instan untuk membantu pelanggan menyelesaikan masalah umum tanpa perlu intervensi manusia.

Dengan begitu, penyedia aplikasi tidak perlu admin khusus untuk melayani pertanyaan umum, sehingga dapat menggunakan SDM ke arah yang lebih efisien.

Sebaliknya, pengguna pun memperoleh manfaat karena masalah yang sedang mereka hadapi bisa mendapatkan respon lebih cepat daripada menunggu respon dari admin.

Kesimpulan

Penerapan kecerdasan buatan tidak hanya mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi, tetapi juga mengubah fundamental cara kita menjalani kehidupan sehari-hari.

Dengan terus berkembangnya teknologi AI, kita dapat menantikan lebih banyak inovasi penerapan artificial intelligence untuk membantu meningkatkan kualitas hidup dan membuka jendela menuju masa depan yang lebih baik.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post